Model Pembelajaran Berdeferensiasi

Adalah pembelajaran yang memerhatikan berbagai keunikan dan karakteristik murid sehingga dapat memberikan keleluasaan pada murid dalam meningkatkan potensi dirinya sesuai kesiapan belajar, minat, profil belajarnya.

STRATEGI PENDEKATAN  PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI 

1. Deferensiasi Konten 
Bisa dengan menampilkan gambar atau video 
Bisa digunakan untuk murid yang gaya belajarnya dengan gaya visual atau auditory
Untuk murid yang kinestetik bisa dengan praktik langsung dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah.

2. Diferensiasi Proses
Bisa kolaborasi edukasi dan permainan 

3.  Diferensiasi Produk 
Seluruh siswa bisa menuangkan hasil karyanya dalam berbagai bentuk.

PENERAPAN model pembelajaran Berdeferensiasi pada pembelajaran Berdeferensiasi di pelajaran Bahasa Indonesia.
Siswa bisa dikelompokkan sesuai dengan minat :

1. Siswa yang suka belajar dengan menulis
2. Siswa yang suka belajar dengan menggambar 
3. Siswa yang suka belajar dengan praktik 

PENILAlAN (ASSESMEN)
Siswa mempresentasikan hasil karyanya dan guru memberikan penilaian.

Pemateri : Dra. Nurbakti Masyitah