Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Setiap guru pasti menginginkan anak didiknya berprestasi. Namun ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Hal ini memberi dampak yang begitu signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu diperlukan strategi guru yang cukup jitu untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Motivasi Belajar Siswa

Motivasi merupakan sebuah dorongan yang ada di dalam diri setiap manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkan sedangkan motivasi belajar tentu saja merupakan dorongan dari diri siswa itu sendiri untuk mencapai tujuan belajarnya seperti memahami materi yang disampaikan guru. 

Meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi salah satu strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa karena dengan adanya motivasi siswa akan senantiasa terus merasa semangat dalam belajar tanpa harus ada dorongan dari manapun. 

Menumbuhkan motivasi belajar tentu saja bukan perkara mudah karena masing-masing siswa memiliki keinginan dan karakter yang tidak sama. Oleh karena itu hal tersebut bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab seorang guru saja akan tetapi orang tua siswa juga memiliki peran besar di dalamnya. 

2 Jenis Motivasi Belajar Siswa

Sebelum menyusun strategi guru harus mengetahui dua jenis motivasi belajar siswa agar bisa ditemukan cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 

1. Motivasi Belajar Ekstrinsik

Jenis motivasi belajar yang pertama merupakan dorongan belajar yang berasal dari luar seperti lingkungan. Contohnya adalah guru bisa memberikan iming-iming hadiah apabila siswa mampu mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran tertentu. 

2. Motivasi Belajar Intrinsik

Motivasi belajar intrinsik berasal dari diri masing-masing siswa. dua hal ini sangat dipengaruhi oleh keinginan siswa itu sendiri dalam mencapai sebuah tujuan tertentu misalnya seorang anak akan rajin belajar karena ingin masuk ke sekolah favorit, ingin membanggakan orang tua, ingin masuk ke perguruan tinggi favorit atau lainnya. 

Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Strategi guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar memang harus dipersiapkan secara matang karena hal ini bukanlah perkara yang mudah. Meskipun demikian akan tetapi bukan berarti hal tersebut mustahil. 

Berikut ini adalah beberapa strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang bisa Anda coba

1. Membuat Siswa Lebih Aktif

Salah satu strategi guru yang bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan membuatnya menjadi lebih aktif. Siswa yang aktif akan memiliki dorongan di dalam dirinya sendiri untuk selalu belajar dan merasa semangat ketika dihadapkan masalah karena memiliki keinginan untuk memecahkannya. 


2. Metode Pembelajaran yang Beragam

Siswa akan jauh lebih termotivasi untuk belajar apabila guru menggunakan metode pembelajaran yang beragam dan tepat. Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa bosan para siswa ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. 

Ketika Anda melihat para siswa sudah mulai merasa bosan dengan materi yang sedang disampaikan maka guru bisa mengubah metode pembelajaran menggunakan cara lain seperti membuka sesi tanya jawab, membuat diskusi kelompok, demonstrasi dan lain sebagainya. 

3. Memaksimalkan Penggunaan Media Belajar

Strategi guru yang berikutnya bisa Anda coba yaitu dengan memanfaatkan berbagai macam media belajar, terutama media belajar yang belum pernah didapatkan sehingga siswa akan merasa termotivasi untuk belajar. 

Salah satu contohnya yaitu memvisualisasikan materi pelajaran yang sedang diajarkan. Melalui teknik visualisasi maka siswa akan lebih mudah memahami apa yang ingin guru sampaikan. Ketika siswa merasa paham kemungkinan besar mereka akan lebih semangat dalam belajar dan termotivasi untuk mempelajarinya secara lebih lanjut. 

Memanfaatkan media untuk menyampaikan materi pelajaran juga sering dijadikan strategi guru dalam pembelajaran daring agar siswa lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran dari rumah. 

4. Menumbuhkan Kompetisi

Persaingan atau kompetisi selama proses pembelajaran sering dijadikan strategi guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa karena melalui kompetensi tersebut mereka akan berusaha untuk saling membuktikan bahwa merekalah yang paling baik.

Agar mencapai tujuan tersebut siswa harus terus belajar sehingga kondisi ini bisa meningkatkan motivasi belajarnya. Contohnya guru bisa membuat kompetisi cerdas cermat dengan tambahan nilai untuk kelompok yang menang maka bisa mendapat tambahan nilai dan hadiah tertentu. Sedangkan bagi kelompok yang kalah makanya akan mendapat nilai tambahan saja. 

5. Sering Memberikan Pujian

Memberikan pujian pada siswa merupakan strategi guru yang paling ampuh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jangan pelit dengan pujian karena anak-anak akan merasa senang apabila hasil pekerjaannya diapresiasi, terutama oleh gurunya. Contohnya guru bisa memberi pujian saat siswa telah berhasil menyelesaikan tugasnya tepat waktu. 

Walaupun terdengar sederhana akan tetapi dengan sering mendapat pujian maka siswa akan jauh lebih termotivasi untuk menjadi yang lebih baik, terutama saat di hadapan gurunya. Pada akhirnya kondisi tersebut akan membuat siswa menjadi menyukai pelajaran yang disampaikan oleh guru. Bagi siswa yang tidak suka dengan pujian maka guru bisa menyiasatinya dengan memberi penghargaan lain.